Langsung ke konten utama

“Kupas Tuntas Standar Pelayanan Publik BBPOM di Denpasar”

Pencapaian Balai Besar POM di Denpasar sebagai Unit Pelayanan Publik dengan Predikat Pelayanan Prima tentunya tidak mudah, pasti melewati beberapa perjalanan panjang, kinerja, kreatifitas dan tentunya inovasi yang menjangkau dan menjawab kebutuhan pelanggan atau masyarakat. Pelayanan sepenuh hati dengan motto 5 S (Sambut dengan senyum dan salam didasari semangat melayani untuk member solusi) merupakan acuan dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

 

Kali ini RUBRIK Si OMA akan mengupas tuntas Standar pelayanan Publik Balai Besar POM di Denpasar yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan memenuhi Peraturan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan. 

 

Apa sih Standar Pelayanan Publik

Si OMA : Standar Pelayanan adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

 

Bagaimana BBPOM di Denpasar mengemas Standar Pelayanannya sesuai dengan Regulasi BPOM?

Si OMA : BBPOM di Denpasar dalam melaksanakan pelayanan publik mengacu pada  Peraturan Badan POM nomor 26 tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi secara Elektronik di Sektor Obat dan Makanan, Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Nomor 28 Tahun 2022  tentang Standar Pelayanan Publik di Lingkungan Badan Pengawas Obat dan Makanan, Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan nomor 5 Tahun 2020 tentang Integrasi Pelayanan Perizinan berusaha secara elektronik di sektor Obat dan Makanan serta Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan nomor 10 tahun 2021 tentang Standar kegiatan Usaha dan Produk pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko.

 

 

 

 

 

Bagaimana Pelaksanaan dan Jenis Pelayanan Publik di BBPOM di Denpasar?

Si OMA : terdapat 9 jenis Pelayanan Publik di BBPOM di Denpasar, meliputi Layanan Penerbitan Surat Keterangan Impor Obat dan Makanan, Layanan Penerbitan Surat Keterangan Ekspor Obat dan Makanan, Layanan Penerbitan Sertifikat CPPOB ( Cara Pembuatan Pangan Olahan yang Baik), Layanan Penerbitan Sertifikat CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik), Layanan penerbitan SPA CPKB ( Sertifikat Pemenuhan Aspek Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik), Layanan Rekomendasi Penotifiasi Kosmetik,  Layanan Pengaduan dan Informasi Konsumen, Layanan Pengujian Obat dan Makanan serta Layanan Penerbitan Sertifikat CDOB (Cara Distribusi Obat yang Baik).

 

Bagaimana Jadwal Pelayanan BBPOM di Denpasar 

Si OMA :  Pelayanan Telepon/Tatap Muka dan Short Messaging Services (SMS)/ Whatsapp/Aplikasi HaloBPOM Mobile/ Surat/Email/Website/media Sosial/Faksimile

a.         Senin-Kamis

Shift Pagi

:

Pukul 08.00-12.00 WITA

Shift Siang

:

Pukul 12.00-16.30 WITA

 

 

Tanpa Istirahat

b.        Jumat :

Shift Pagi

:

Pukul 08.00-12.00 WITA

Shift Siang

:

Pukul 12.00-16.00 WITA

 

 

Tanpa Istirahat

 

c.         Sabtu – Minggu dan Hari Libur Nasional

Pada kondisi/keadaan tertentu (Kejadian Luar Biasa, kasus tertentu, permohonan pengujian dari lintas sektor, keracunan pangan, pengujian sample kasus dari kepolisian atau lintas sector terkait, pameran dalam rangka Komunikasi, Informasi dan Edukasi,  dll), pelayanan tatap muka dilaksanakan sesuai perjanjian sedangkan pelayanan on line dilaksanakan melalui Short Messaging Services (SMS)/ Whatsapp/Aplikasi HaloBPOM Mobile/ Surat/Email/Website/media Sosial.

 

Berapa Jumlah Pelaksana Penyelenggaraan Pelayanan

Si OMA : Front office ; 2 orang, Informasi dan Pengaduan Masyarakat  : 6 orang ; Pengujian Obat dan Makanan : 14 orang ; Layanan Sertifikasi : 3 orang.

 

 

 

 

Apa saja Kompetensi yang dimiliki Pelaksana Penyelenggaraan Pelayanan

Si OMA : Petugas Pelaksana Layanan ; Memiliki Kompetensi Pelayanan Publik ; Memahami  Informasi dan  Registrasi Obat dan Makanan ; Memahami Peraturan terkait Obat dan Makanan ; Memiliki kompetensi Pengujian Obat dan Makanan ; Memiliki Kompetensi Layanan Sertifikasi Impor, Ekspor, dan Cara Pembuatan yang Baik

 

Bagaimana  Maklumat Pelayanan BBPOM di Denpasar

Si OMA : Maklumat Pelayanan adalah pernyataan tertulis berisi keseluruhan rincian kewajiban dan janji yang terdapat dalam Standar Pelayanan. Maklumat Pelayanan ditetapkan oleh Kepala BBPOM di Denpasar. Dalam Maklumat Pelayanan dinyatakan ; “Sanggup menyelenggarakan pelayanan sesuai dengan standar pelayanan publik yang ditetapkan, memberikan pelayanan sesuai dengan kewajiban dan akan melakukan perbaikan secara terus-menerus dan apabila tidak menepati, kami siap menerima sanksi dan/atau memberikan kompensasi apabila pelayanan yang diberikan tidak sesuai standar yang ditetapkan”.

 

Bagaimana Pengawasan Internal Pelayanan Publik BBPOM di Denpasar?

Si OMA : Pengawasan internal dalam pelaksanaan Pelayanan BBPOM di Denpasar dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Pengawasan internal dilaksanakan oleh atasan langsung dan/atau Inspektorat Utama Badan Pengawas Obat dan Makanan.

 

Bagaimana Jaminan Pelayanan Publik di BBPOM di Denpasar

Si OMA : Pelayanan yang diselenggarakan di lingkungan BBPOM di Denpasar dilaksanakan sesuai dengan jaminan pelayanan berdasarkan kerangka dan prosedur yang terdiri atas: jenis pelayanan;  waktu penyelesaian;   biaya/tarif; produk layanan.

Waktu penyelesaian penyelenggaraan pelayanan merupakan waktu paling lama yang ditetapkan. Biaya/tarif yang dimaksud merupakan biaya yang harus dibayar sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Pembayaran biaya/tarif dilakukan sebelum permohonan pelayanan publik diproses. Jika dalam hal permohonan pelayanan ditolak, maka biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.

Bagaimana Jaminan Keamanan dan Keselamatan Pelayanan

Si OMA : Jangan Kwatir !, Pemohon yang mengajukan permohonan Pelayanan di lingkungan BBPOM di Denpasar diberikan perlakuan sebagaimana mestinya untuk mendapatkan rasa aman, bebas dari bahaya, dan risiko keragu-raguan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BPOM-Disperindag Kota Denpasar Bersama Bersinergi Wujudkan Keamanan Pangan

Denpasar - Bersama bersinergi dan berkolaborasi mewujudkan keamanan pangan di kota Denpasar. Demikian tercetus saat berkoordinasi dengan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar, Ibu Sri Sutari di Kantor DisPerindag kota Denpasar, Lumintang Senin, 11 Juli 2022.  Topik hangat kembali dibahas terkait SK Tim Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Obat dan Makanan di Kota Denpasar. Dalam Tim Koordinas, BBPOM dan Disperindag punya peran besar dalam mencegah penjualan produk produk yang tidak memenuhi syarat seperti obat dan makanan ilegal. Selama ini Disperindag Kota Denpasar sangat intensif membina pasar pasar untuk tempat dilaksanakan sekolah pasar. Sebagai sekolah harus cerdas memilih produk obat, obat tradisional, kosmetik, suplemen kesehatan dan makanan yang akan dijual dan dikonsumsi. Langkah kongkret yang dilaksanakan, bersinergi membangun Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas yang aktif untuk mengurangi dan mencegah adanya bahan berbahaya pada pangan y...

BBPOM di Denpasar Sidak Pangan Buka Puasa di Badung

Badung -Senin, 19 April 2021, Tim Operasional Laboratorium Keliling melaksanakan pengawasan makanan berbuka puasa di Kabupaten Badung, tepat berlokasi di pedagang takjil area perumahan Dalung Permai, Kabupaten Badung. Tim BBPOM di Denpasar didampingi oleh lintas sektor atau OPD terkait Kabupaten Badung diantaranya ; Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, Dinas Kesehatan dan Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung. Pangan buka puasa yang disampling sebanyak 15 jenis terdiri dari kolak, bijik, bakso, kerupuk beras, tahu, pepes ikan, dll. Hasil pengujian menggunakan Rapid Test Kit menunjukkan hasil semua makanan buka puasa yang dijual tidak mengandung bahan berbahaya. Pada kesempatan kali ini, Tim BBPOM di Denpasar yang dikoordinir oleh Koordinator substansi Informasi dan Komunikasi, Luh Putu Witariathi, menyampaikan bahwa makanan yang dijual kian tahun sudah mulai menunjukkan perubahan kearah yang lebih baik dan semakin aman. Ibu Wita sangat mengapresias...