Langsung ke konten utama

STIFAR Yayasan Pharmasi Semarang Kunjungi BBPOM di Denpasar

 

Denpasar-6 Juli 2022, Mahasiswa Sekolah Tinggi Farmasi Yayasan Pharmasi Semarang mengunjungi BBPOM di Denpasar. Kunjungan Kerja Lapangan/ KKL ini sebagai upaya mengamati dan memahami serta meningkatkan pengetahuan mengenai profesionalisme kefarmasian termasuk pelaksanaan tugas fungsi pokok Badan POM di unit pelaksana teknis yang ada di daerah. Hal ini sangat terkait nantinya sebagaimana sebagai lulusan farmasi yang akan berpraktek profesi dan bekerja sesuai dengan teori yang telah diperoleh di bangku kuliah.


Mahasiswa dan para dosen disambut baik oleh Plh. Kepala BBPOM di Denpasar, Desak ketut Andika Andayani. Dalam sambutan pembukaannya, plh ka balai menyampaikan apresiasi atas kujungan kerja lapangan dan terpilihnya Balai besar POM di Denpasar untuk tujuan KKL.  Manajer Mutu, Ngurah Suta Haryanta juga mendampingi dan memandu jalannya KKL. Personal lainnya yaitu Koordinator dan Subkoordinator Kelompok Substansi di Balai Besar POM di Denpasar juga hadir dalam acara ini.

Materi tentang Profil BBPOM di Denpasar disampaikan oleh Pengawas Farmasi dan Makanan Madya, Kadek Darsini dan Putu Maryati. Saat penyampaian materi tampak mahasiswa antusias tergambar dari pertanyaan pertanyaan yang dilontarkan.




Selesai pemaparan materi dilanjutkan dengan kunjungan lapangan mulai dari pengamatan dan pemahaman terkait laboratorium kimia dan mikrobiologi lengkap dengan perangkat pengujian. Dilanjutkan dengan pengamatan dan pemahaman terkait fungsi pemeriksaan dan penindakan serta terakhir pengenalan pelayanan publik BBPOM di Denpasar. Tudy tiru terhadap pelayanan prima dilakukan oleh mahasiswa dalam Kuliah Kerja Nyata. Dosen pembimbing yang terdiri dari Bayu Aditya,  Rivaldi Eka Harinandi, Endang Setyowatiningsih dan Cucuk puji Purwaningsih merasakan manfaat yang tak terkira dan sangat membantu dalam proses praktek pembelajaran di kampus STIFAR. (Putu Ekayani)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

“Kupas Tuntas Standar Pelayanan Publik BBPOM di Denpasar”

Pencapaian Balai Besar POM di Denpasar sebagai Unit Pelayanan Publik dengan Predikat Pelayanan Prima tentunya tidak mudah, pasti melewati beberapa perjalanan panjang, kinerja, kreatifitas dan tentunya inovasi yang menjangkau dan menjawab kebutuhan pelanggan atau masyarakat. Pelayanan sepenuh hati dengan motto 5 S (Sambut dengan senyum dan salam didasari semangat melayani untuk member solusi) merupakan acuan dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.   Kali ini RUBRIK Si OMA akan mengupas tuntas Standar pelayanan Publik Balai Besar POM di Denpasar yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan memenuhi Peraturan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan.    Apa sih Standar Pelayanan Publik Si OMA : Standar Pelayanan adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji p...

BPOM-Disperindag Kota Denpasar Bersama Bersinergi Wujudkan Keamanan Pangan

Denpasar - Bersama bersinergi dan berkolaborasi mewujudkan keamanan pangan di kota Denpasar. Demikian tercetus saat berkoordinasi dengan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar, Ibu Sri Sutari di Kantor DisPerindag kota Denpasar, Lumintang Senin, 11 Juli 2022.  Topik hangat kembali dibahas terkait SK Tim Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Obat dan Makanan di Kota Denpasar. Dalam Tim Koordinas, BBPOM dan Disperindag punya peran besar dalam mencegah penjualan produk produk yang tidak memenuhi syarat seperti obat dan makanan ilegal. Selama ini Disperindag Kota Denpasar sangat intensif membina pasar pasar untuk tempat dilaksanakan sekolah pasar. Sebagai sekolah harus cerdas memilih produk obat, obat tradisional, kosmetik, suplemen kesehatan dan makanan yang akan dijual dan dikonsumsi. Langkah kongkret yang dilaksanakan, bersinergi membangun Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas yang aktif untuk mengurangi dan mencegah adanya bahan berbahaya pada pangan y...

BBPOM di Denpasar Sidak Pangan Buka Puasa di Badung

Badung -Senin, 19 April 2021, Tim Operasional Laboratorium Keliling melaksanakan pengawasan makanan berbuka puasa di Kabupaten Badung, tepat berlokasi di pedagang takjil area perumahan Dalung Permai, Kabupaten Badung. Tim BBPOM di Denpasar didampingi oleh lintas sektor atau OPD terkait Kabupaten Badung diantaranya ; Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, Dinas Kesehatan dan Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung. Pangan buka puasa yang disampling sebanyak 15 jenis terdiri dari kolak, bijik, bakso, kerupuk beras, tahu, pepes ikan, dll. Hasil pengujian menggunakan Rapid Test Kit menunjukkan hasil semua makanan buka puasa yang dijual tidak mengandung bahan berbahaya. Pada kesempatan kali ini, Tim BBPOM di Denpasar yang dikoordinir oleh Koordinator substansi Informasi dan Komunikasi, Luh Putu Witariathi, menyampaikan bahwa makanan yang dijual kian tahun sudah mulai menunjukkan perubahan kearah yang lebih baik dan semakin aman. Ibu Wita sangat mengapresias...