Langsung ke konten utama

Tingkatkan Pelayanan Publik : BBPOM di Denpasar Selenggarakan Bimtek Service Etiquette for Great Customer Service

 



Gianyar (02/06), dalam rangka peningkatan kompetensi petugas pelayanan publik, BBPOM di Denpasar menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pelayanan Publik dengan tema Service Etiquette for Great Customer Service. Acara diselenggarakan pada 1-2 Juni 2024 di Functional Hall, Swan Paradise Bali dengan narasumber Bonita D Sempurno. Turut mengundang pula Duta Kosmetik Aman sekaligus Teruni Bali, Putu Chika Anjani sebagai peserta Bimbingan Teknis.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, pembacaan doa, serta sambutan dari Kepala Balai Besar POM di Denpasar, I Gusti Ayu Adhi Aryapatni. Kemudian dilakukan pemaparan tentang Service Excellence dengan prinsip Reliability (Keterandalan), Assurance (Keterpercayaan), Tangible (Bukti Nyata/Fisik), Emphaty (Kepedulian), dan Responsive (Cepat Tanggap) atau yang biasa disingkat sebagai RATER. Selanjutnya pemaparan materi tentang definisi  Service Etiquette yakni perilaku profesional untuk menunjukkan kemampuan interpersonal yang efektif dalam memberi kesan positif dan standar layanan yang tinggi. Adapun tujuan penerapan Service Etiquette yaitu untuk membangun kesan pertama yang positif, bersikap tulus dan transparan, mengembangkan active listening dan kepandaian manajemen emosi, menunjukkan profesionalisme, mempermudah pelanggan memperoleh bantuan, menepati janji, melayani permintaan pelanggan yang beragam, dan menunjukkan penghargaan terhadap waktu yang dimiliki pelanggan. Selain itu, peserta juga diajarkan tentang empat tipe gaya komunikasi dan cara-cara untuk menjalin komunikasi yang baik dengan masing-masing tipe gaya komunikasi yang dimiliki oleh pelanggan maupun rekan kerja. Lalu yang tidak kalah penting adalah pemaparan tentang proses penanganan keluhan yang terdiri dari prinsip Hear Out, Emphaty, Apologize, Resolve, dan Thank You.

“Kami bersyukur kegiatan Bimbingan Teknis Pelayanan Publik telah berlangsung dengan lancar dan efektif. Semua peserta memahami materi dengan baik dan berlatih untuk dapat bekerja sama untuk membentuk tim yang solid. Semoga ilmu dan pengalaman yang didapatkan hari ini dapat terus digunakan untuk peningkatan kualitas pelayanan publik BBPOM di Denpasar, baik secara internal maupun eksternal, tutur Ni Putu Ekayani Scorpiasanty selaku Ketua Tim Komunikasi, Informasi, dan Edukasi BBPOM di Denpasar saat penutupan kegiatan.(VIT)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

“Kupas Tuntas Standar Pelayanan Publik BBPOM di Denpasar”

Pencapaian Balai Besar POM di Denpasar sebagai Unit Pelayanan Publik dengan Predikat Pelayanan Prima tentunya tidak mudah, pasti melewati beberapa perjalanan panjang, kinerja, kreatifitas dan tentunya inovasi yang menjangkau dan menjawab kebutuhan pelanggan atau masyarakat. Pelayanan sepenuh hati dengan motto 5 S (Sambut dengan senyum dan salam didasari semangat melayani untuk member solusi) merupakan acuan dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.   Kali ini RUBRIK Si OMA akan mengupas tuntas Standar pelayanan Publik Balai Besar POM di Denpasar yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan memenuhi Peraturan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2014 Tentang Pedoman Standar Pelayanan.    Apa sih Standar Pelayanan Publik Si OMA : Standar Pelayanan adalah tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji p...

BPOM-Disperindag Kota Denpasar Bersama Bersinergi Wujudkan Keamanan Pangan

Denpasar - Bersama bersinergi dan berkolaborasi mewujudkan keamanan pangan di kota Denpasar. Demikian tercetus saat berkoordinasi dengan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar, Ibu Sri Sutari di Kantor DisPerindag kota Denpasar, Lumintang Senin, 11 Juli 2022.  Topik hangat kembali dibahas terkait SK Tim Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Obat dan Makanan di Kota Denpasar. Dalam Tim Koordinas, BBPOM dan Disperindag punya peran besar dalam mencegah penjualan produk produk yang tidak memenuhi syarat seperti obat dan makanan ilegal. Selama ini Disperindag Kota Denpasar sangat intensif membina pasar pasar untuk tempat dilaksanakan sekolah pasar. Sebagai sekolah harus cerdas memilih produk obat, obat tradisional, kosmetik, suplemen kesehatan dan makanan yang akan dijual dan dikonsumsi. Langkah kongkret yang dilaksanakan, bersinergi membangun Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas yang aktif untuk mengurangi dan mencegah adanya bahan berbahaya pada pangan y...

BBPOM di Denpasar Sidak Pangan Buka Puasa di Badung

Badung -Senin, 19 April 2021, Tim Operasional Laboratorium Keliling melaksanakan pengawasan makanan berbuka puasa di Kabupaten Badung, tepat berlokasi di pedagang takjil area perumahan Dalung Permai, Kabupaten Badung. Tim BBPOM di Denpasar didampingi oleh lintas sektor atau OPD terkait Kabupaten Badung diantaranya ; Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung, Dinas Kesehatan dan Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung. Pangan buka puasa yang disampling sebanyak 15 jenis terdiri dari kolak, bijik, bakso, kerupuk beras, tahu, pepes ikan, dll. Hasil pengujian menggunakan Rapid Test Kit menunjukkan hasil semua makanan buka puasa yang dijual tidak mengandung bahan berbahaya. Pada kesempatan kali ini, Tim BBPOM di Denpasar yang dikoordinir oleh Koordinator substansi Informasi dan Komunikasi, Luh Putu Witariathi, menyampaikan bahwa makanan yang dijual kian tahun sudah mulai menunjukkan perubahan kearah yang lebih baik dan semakin aman. Ibu Wita sangat mengapresias...