Tingkatkan Pelayanan Publik : BBPOM di Denpasar Selenggarakan Bimtek Service Etiquette for Great Customer Service
Gianyar (02/06), dalam rangka peningkatan kompetensi petugas pelayanan publik, BBPOM di Denpasar menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pelayanan Publik dengan tema “Service Etiquette for Great Customer Service”. Acara diselenggarakan pada 1-2 Juni 2024 di Functional Hall, Swan Paradise Bali dengan narasumber Bonita D Sempurno. Turut mengundang pula Duta Kosmetik Aman sekaligus Teruni Bali, Putu Chika Anjani sebagai peserta Bimbingan Teknis.
Kegiatan diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, pembacaan doa, serta sambutan dari Kepala Balai Besar POM di Denpasar, I Gusti Ayu Adhi Aryapatni. Kemudian dilakukan pemaparan tentang Service Excellence dengan prinsip Reliability (Keterandalan), Assurance (Keterpercayaan), Tangible (Bukti Nyata/Fisik), Emphaty (Kepedulian), dan Responsive (Cepat Tanggap) atau yang biasa disingkat sebagai RATER. Selanjutnya pemaparan materi tentang definisi Service Etiquette yakni perilaku profesional untuk menunjukkan kemampuan interpersonal yang efektif dalam memberi kesan positif dan standar layanan yang tinggi. Adapun tujuan penerapan Service Etiquette yaitu untuk membangun kesan pertama yang positif, bersikap tulus dan transparan, mengembangkan active listening dan kepandaian manajemen emosi, menunjukkan profesionalisme, mempermudah pelanggan memperoleh bantuan, menepati janji, melayani permintaan pelanggan yang beragam, dan menunjukkan penghargaan terhadap waktu yang dimiliki pelanggan. Selain itu, peserta juga diajarkan tentang empat tipe gaya komunikasi dan cara-cara untuk menjalin komunikasi yang baik dengan masing-masing tipe gaya komunikasi yang dimiliki oleh pelanggan maupun rekan kerja. Lalu yang tidak kalah penting adalah pemaparan tentang proses penanganan keluhan yang terdiri dari prinsip Hear Out, Emphaty, Apologize, Resolve, dan Thank You.
“Kami bersyukur kegiatan Bimbingan Teknis Pelayanan Publik telah berlangsung dengan lancar dan efektif. Semua peserta memahami materi dengan baik dan berlatih untuk dapat bekerja sama untuk membentuk tim yang solid. Semoga ilmu dan pengalaman yang didapatkan hari ini dapat terus digunakan untuk peningkatan kualitas pelayanan publik BBPOM di Denpasar, baik secara internal maupun eksternal, tutur Ni Putu Ekayani Scorpiasanty selaku Ketua Tim Komunikasi, Informasi, dan Edukasi BBPOM di Denpasar saat penutupan kegiatan.(VIT)
Komentar
Posting Komentar